Bayi Kurang HB

Kita tidak bisa menduga anemia (kekurangan sel darah merah) hanya berdasarkan penglihatan semata ya, Ma. Diagnosis anemia harus dipastikan dengan pemeriksaan laboratorium sekaligus pemeriksaan untuk mencari penyebabnya. 

• Kebanyakan penyebab anemia di negara berkembang, seperti Indonesia, adalah kekurangan zat besi. Pada awalnya, kekurangan zat besi ini belum menyebabkan anemia. Jadi, kekurangan zat besi tahap awal tidak bisa diketahui hanya dari penglihatan dan pemeriksaan fisik saja. 

• Jika tidak ada riwayat prematuritas dan berat lahirnya pun baik, maka anak Anda pada saat ini tampaknya tidak ada risiko anemia. 

• Namun, bayi ASI eksklusif direkomendasikan untuk diberi suplementasi zat besi dosis rendah (1 mg per kg berat badan) mulai dari usia 4 - 6 bulan. Di usia 6 bulan, anak diberi MPASI (Makanan Pendamping ASI), dimana pemberian makanan kaya zat besi dilakukan sedini mungkin (di minggu kedua di usianya yang 6 bulan). 

• Saat kedinginan, anak tampak pucat karena pembuluh darah mengkerut di suhu dingin. Jadi, ini bukan berarti ia mengalami anemia. Anda tidak perlu cemas, bila ia  anemia. Pasti dokter sudah menganjurkan pemeriksaan lebih lanjut. Nanti, di usia 1 tahun, direkomendasikan bayi menjalani skrining anemia. Sekarang ini, Anda tidak perlu ke dokter khusus. (Foto: dok. Feminagroup.)


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia