Bayi Suka Geregetan

Di usia 8 bulan, bayi sudah lebih 'mobile' dan semakin besar rasa ingin tahunya. Selain itu, ia mulai bereksperimen di bidang motorik kasar, yakni melempar-lempar benda dan bermain bola gelinding (sambil duduk). Selain itu:

• Ia juga banyak bereksperimen di bidang motorik halus, seperti mulai memegang benda dengan dua jari. Semakin lama semakin kecil benda yang bisa dipegangnya. 

• Di bidang kognitif, ia mulai mengenal rasa, pandai memasukkan finger food ke dalam mulut, dan semakin mengenal lingkungannya (sehingga merasa cemas ketika Anda tidak berada di dekatnya). 

• Di bidang verbal komunikasi, ia semakin responsif (dan responsnya juga semakin kaya), banyak bereksperimen dengan suara dan bunyi-bunyian, serta mulai pandai mengekespresikan perasaannya. Jadi, Anda benar-benar bisa tahu ketika ia sedih, senang, puas, atau terpesona. 

• Sikap bayi adalah salah satu bentuk ekspresi. Sudah banyak yang ingin ia komunikasikan, namun kemampuannya masih sangat terbatas. Akibatnya? Ia terus mencoba berbagai 'body language'. Justru ini merupakan bagian dari tahapan perkembangannya, serta bukan sesuatu yang abnormal. Bukan pula suatu kelainan neurologis, sehingga Anda bisa tenang dan menikmati kekayaan perbendaharaan ekspresi bayi. (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia