Bayi Tak Berhenti Menangis?

Redakan tangis bayi Anda

Pernah mengalami saat-saat melelahkan ketika si bayi menangis tak kunjung henti? Diberi susu, ia diam sebentar, lalu menangis lagi. Digendong, menangis. Ditaruh di boks, menangis. Semua serba salah! Anda sampai betul-betul merasa kehabisan akal.

Tenang, Ma! Ada satu hal yang perlu diingat, semua bayi baru lahir akan mengalami masa-masa rewel selama bulan-bulan pertama kehidupannya tanpa bisa dijelaskan penyebabnya. “Tangisan tidak mencerminkan kepiawaian Anda sebagai orangtua,” tutur Marc Weissbluth, M.D., penulis Your Fussy Baby. Menangis adalah perilaku universal bayi di berbagai belahan dunia.

Lalu, apa sebenarnya arti tangisan si bayi itu? Bagaimana kita bisa tahu apakah ia merasa bosan, lapar, atau capek? Menurut Robert Sears, M.D., tak perlu ngotot mencari tahu tipe tangisan bayi -- sesuai apa yang diinginkannya. “Kebanyakan bayi baru lahir hanya punya satu jenis tangisan, yaitu keras dan penuh tuntutan,” katanya.

Tapi patokan berikut mungkin masih tetap bisa digunakan. Ketika bayi lapar, ia akan sedikit rewel dan menggeliat-geliat. Bila tidak diberi makan, tangisannya akan meninggi. Bila ia kesakitan, karena kembung, tumbuh gigi, atau terkena penyakit, tangisan bayi Anda mungkin akan melengking nyaring. Ia juga bakal sulit dihibur, dan biasanya menunjukkan ekspresi kesakitan.

Jadi, bila bayi Anda menangis, sebaiknya Anda periksa dulu apa yang terjadi dengannya. Jangan terburu-buru melakukan tiga hal berikut ini:

  • Memasukkan dot ke mulutnya. Ya, dot mungkin saja membuat bayi terdiam. Tapi, Anda tetap tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi dengannya.
  • Buru-buru memberi susu. Bila anda langsung menjejalkan susu formula atau ASI setiap kali bayi menangis, dan Anda tidak tahu pasti apakah ia lapar atau tidak, Anda menunjukkan padanya bahwa makan adalah cara untuk menenangkan diri. Pada akhirnya, ini akan membuatnya makan secara berlebihan.
  • Mencoba terlalu banyak cara menenangkan di waktu bersamaan. Perlu sedikit waktu untuk memastikan apakah teknik menenangkan Anda berhasil atau tidak. Bila Anda sebentar-sebentar mengganti posisi atau membedongnya lalu buru-buru melepasnya lagi, bayi Anda bisa saja semakin rewel.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia