Bekas Suntikan Timbul Benjolan

Umumnya, imunisasi BCG meninggalkan bekas ya, Ma. Berupa jaringan parut (scar tissue atau keloid). Beberapa minggu setelah imunisasi, bekas suntikan akan membengkak (berwarna merah kebiruan), lalu pecah dengan sendirinya. 

Ketika pecah, tak usah ditekan dan cukup dibersihkan dengan kapas yang dicelupkan dalam air hangat. Tak perlu gunakan alkohol atau antiseptik lainnya, karena kondisi ini bukan infeksi bakteri, melainkan reaksi imunologis antara vaksin dengan sistem imun anak. Jadi, tak perlu cemas dengan 'cairan' yang keluar dari bekas suntikan. Yang harus dilakukan adalah membersihkannya dengan kapas air hangat.
Reaksi akibat imunisasi BCG memang bisa lama, serta berbeda pada setiap bayi. Umumnya, reaksinya akan berlangsung selama 2-3 bulan. Bagaimana pun, kedalaman saat menyuntikkan vaksin turut mempengaruhi. Hanya saja, lamanya penyembuhan tidak menunjukkan kalau ada yang salah dengan si kecil dan lama kelamaan luka akan menutup dengan sendirinya. 

Nah, Anda tak usah melakukan apapun untuk mempercepat penyembuhan. Lagipula, tak ada obat untuk mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia, jaringan parut bekas vaksin BCG akan menipis dan memudar. (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia