Benarkah Bayi Lahir Caesar Lebih Rentan Alergi

Tahukah Ma, bayi lahir lewat persalinan normal cenderung punya kekebalan tubuh lebih tinggi dari bayi lahir Caesar. Mengapa? Hasil studi ungkapkan, bayi lahir caesar cenderung akan menderita alergi, seperti asma, karena tidak memperoleh kekebalan alami lewat jalan lahir dari ibu.
 
Penelitian sebelumnya menguatkan hasil studi dari Universitas Puerto Rico dan Universitas Colorado, yang ungkapkan bayi yang lahir melalui caesar berisiko dua kali lebih besar mengidap alergi makanan daripada anak lahir secara alami. Mereka juga rentan menderita diare dan asma di kemudian hari.

Penelitian juga menunjukkan bayi yang lahir secara alami menerima sejumlah bakteri baik saat melewati jalan lahir ibu mereka. Sebaliknya, para bayi yang lahir caesar memiliki bakteri kulit akibat bedah.

Para peneliti percaya, berbagai jenis mikroba dalam tubuh manusia membantu membangun kekebalan tubuh dan melindungi dari penyakit. Studi ini dimuat dalam  Jurnal National Academy of Sciences. Kejadian alergi meningkat seiring bertambahnya jumlah kelahiran melalui caesar. Di negara maju seperti Inggris, terdapat satu kelahiran caesar dari empat kelahiran.

Elizabeth Costello, penulis studi mengungkap penelitian bertujuan menangkap momen apa saja pertama kali terjadi dalam komunitas bakteri dalam bayi. "Tantangan saat ini adalah melacak komunitas mikroba dalam bayi, balita anak-anak dan orang dewasa serta melihat bagaimana mereka berkembang dan berubah," katanya. (Petty Lubis/Foto:dok.Feminagroup)

Baca juga: Mengapa Pilih Operasi Caesar

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia