Benda Bergerak, Rangsang Bayi Main

Pernah melihat seorang bayi terpikat pada kipas angin yang tergantung di langit-langit? Sesuatu yang dapat bergerak membuatnya terpesona. Tak pernah terlihat sama, bahkan selalu terlihat baru. 


Pilihan waktu bermain yang pas: Mainan bergerak yang bisa berputar selalu jadi pemandangan yang mengasyikkan bayi kecil, yang menghabiskan waktunya dengan telentang dan telentang lagi. Sering-seringlah ganti obyek yang bergelantungan, mulai dari yang bisa bergerak sampai yang melakukan hal-hal  lebih variatif.


Hal sama juga dapat dilakukan untuk pusat beraktivitas dan gym bayi yang banyak mainan tergantung untuk dilihat, dipukul-pukul, atau ditendang. Mainan berputar yang bisa bergerak dan sekaligus mengeluarkan suara yang mempesona bisa jadi obyek yang oke banget untuk digantung ketika anak Anda ‘harus’ menghabiskan waktu di bouncy seat.


Mudah bukan untuk menemukan cara merangsang bayi, bahkan yang masih imut-imut. Cuma, Anda harus mau menunggu. Begitu kemampuannya berkembang, dunia baru dari permainan yang menarik langsung terbuka lebar.


Contohnya Mikie: Seiring dengan pertumbuhannya, ia mulai berpaling pada permainan yang lebih rumit–segala sesuatu yang dapat diambil dan ‘diteliti’, langsung dipukul-pukul, diguncang-guncang, dan dikunyah. Tetapi, meski Mikie sudah melupakan mainan favoritnya, mamanya sih tetap menyimpannya. “Buat kenang-kenangan kalau Mikie sudah besar nanti. Saya nggak tega membuang cinta pertama dari bayi baru saya yang pertama,” begitu alasannya.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia