Bila Bayi Tidak ASI Eksklusif

Ma, salah satu manfaat pemberian ASI adalah menjalin kedekatan emosi (bonding) antara mama dan bayi. Meski begitu, itu tidak berarti ketika Anda tidak berhasil memberi ASI pada si kecil, lalu hubungan emosi akan merenggang, ya.

• Jauhkan pemikiran bahwa bayi Anda tidak menyayangi Anda, mamanya. Pada usia ini, bayi memang masih belum sepenuhnya mengenal siapa saja keluarga dekatnya (papa - mama), pengasuhnya, serta siapa saja yang asing dalam kehidupannya. Sejalan dengan bertambahnya usia (misalnya, di usia 5 bulan-an), ia mulai mengenal keluarga dekatnya dan merasa cemas saat ada orang asing mendekatinya.

• Meski Anda tidak memberi ASI, kedekatan akan tetap terjaga kok, Ma. Lebih-lebih, bila Anda dan ia menghabiskan banyak waktu bersama. Bercengkerama, bernyanyi dengannya, berceloteh padanya, bermain, serta mendekap dan membelainya setiap saat.

• Perbanyaklah waktu yang Anda luangkan bersamanya dia, sehingga Anda akan merasa betapa dekatnya Anda berdua.

• Jangan panik ketika ia melengking akibat Anda sedikit terlambat memberi ASI. Tenangkan, usap lembut, serta segera susui si kecil. Karena menangis adalah satu-satunya metode komunikasi yang paling dikuasai bayi.

• Perbanyak floor time bersama si kecil. Sesekali tengkurapkan dia dan beri mainan warna-warni menarik di depannya, sehingga ia tertarik untuk menatap (bahkan meraihnya) dan tak lagi enggan diposisikan tengkurap. (Foto: dok. Feminagroup.)

 

 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia