Bila Minum Obat Dosis Berlebihan

Tidak tertutup kemungkinan, suatu saat (tanpa sengaja tentunya), Anda memberi obat pada anak dalam dosis yang terlalu tinggi. Bayi Anda demam tinggi dan obat acetaminophen yang Anda berikan merupakan kemasan konsentrat yang dosis per mililiter (atau per cc) dua kali lebih tinggi dibandingkan yang tidak konsentrat (kemasan sirup untuk anak). Haruskah Anda panik? 


Nggak juga. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap menghubungi dokter Anda. “Bila Anda baru satu kali melakukannya, tak perlu panik-panik amat,” kata Andrea McCoy, M.D., associate professor of pediatrics di Temple University Children’s Medical Center, Philadelphia. “Tetapi, bila Anda mengulangi kesalahan yang sama selama beberapa hari, si kecil bisa mengalami kerusakan hati.” 


Jika Anda menduga telah memberi dosis obat yang berlebihan secara berulang-ulang, mungkin saja dokter akan mengirim anak Anda ke unit gawat darurat. ”Di sini, akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk pemeriksaan darah untuk mengetahui ada tidaknya gangguan di hati serta kadar obat tersebut (bila memungkinkan untuk dilakukan),” kata dr. Wati, panggilan akrab dr. Purnamawati. Penanganan yang tepat dan sedini mungkin biasanya bisa memperbaiki gangguan hati anak.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia