Bisakah Tanda Lahir Hilang?

Tanda lahir (hemangioma) adalah kumpulan pembuluh darah yang melebar di bawah permukaan kulit dan tampak sebagai tonjolan merah kebiruan. Meski agak langka, tanda lahir bisa lho terjadi di organ dalam, seperti hati, limpa atau kelenjar pankreas. 


Pada sebagian anak, tanda lahir sudah nampak sejak baru lahir. Namun, pada sebagian anak lagi, malah baru muncul dalam empat minggu pertama sejak lahir. Sayangnya, sampai saat ini, dunia kedokteran belum mengetahui penyebab terjadinya tanda lahir.


Pada awalnya, tanda lahir tuh mendatar. Meski begitu, terjadi proses pertumbuhan yang cukup progresif ketika si kecil berusia 6–12 bulan. Jumlah pembuluh darah yang melebar makin banyak, sehingga sering membuat orang tua cemas. Padahal, sesudah fase pertumbuhan tersebut (biasanya usia anak lebih dari satu tahun), secara perlahan-lahan tanda lahir akan memudar dan menghilang. Ingat ya, pada sekitar 50% anak, tanda lahir baru benar-benar menghilang saat ia berusia 5 tahun. 


Biasanya sih, tanda lahir tidak berbahaya dan tidak mengganggu. Juga, jarang sekali menyebabkan perdarahan. Jadi, pada umumnya terapi tidak diperlukan. Dokter anak Anda akan memantau seandainya tanda lahir si kecil termasuk jenis yang memerlukan intervensi. Misalnya, pemberian steroid. Meski begitu, jarang kok tanda lahir sampai perlu diintervensi segala.  


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia