Cara Aman Latih Bayi Belajar Berdiri

Di usia 8 bulan, bayi Anda mulai mencoba merangkak bahkan berdiri. Dan dalam waktu beberapa bulan berikutnya, ia akan berusaha berjalan tertatih hingga akhirnya memiliki kemampuan berjalan sendiri di usia 12 sampai 18 bulan.
 
Meski khawatir ia akan jatuh atau terpeleset, biarkan ia terus mencoba, Ma. Terus menjaganya karena takut si kecil jatuh, jelas akan menyita energi Anda. Selain itu, tidak adanya pengalaman jatuh juga akan membuat si kecil tak pernah mengantisipasi hal-hal yang mungkin membahayakannya. Jadi, apa yang harus dilakukan?

1. Ketika ia mulai mencoba berdiri, tak jarang ia akan menangis dan meminta bantuan Anda untuk kembali duduk. Bantulah ia dengan cara menekuk lembut kedua lututnya. Ini sekaligus mengajarinya cara duduk kembali setelah berdiri.

2. Setelah si kecil berdiri, dorong perutnya dengan lembut hingga ia jatuh terduduk. Pastikan si kecil jatuh dengan perlahan dan di tempat yang aman. Ulangi beberapa kali hingga akhirnya ia akan menanggapi situasi tersebut dengan tenang.

3. Jika si kecil jatuh, ajarkan ia untuk bangkit kembali. Caranya, bisa dengan mengulurkan tangan Anda, atau ajarkan ia untuk berpegangan pada sesuatu yang kokoh.

Baca juga: Kenali Perkembangan Bayi 0-12 Bulan

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia