Cara Bersihkan Genital Bayi

Selain membersihkan badan, bersih-bersih area yang satu ini tak kalah penting bagi si mungil Anda, lho. Itulah bagian genital bayi. Meski seolah terlihat sepele, ini justru sering terabaikan karena berbagai alasan. Misalnya, karena takut malah melukai, atau karena tak tahu apa yang harus dilakukan. Tak heran banyak orang tua terpaksa membawa bayinya ke dokter ketika bagian ini tiba-tiba meradang.

Nah, sebelum itu sampai terjadi, lebih baik rawat bagian ini dengan baik ya, Ma. Berikut tips melakukannya:

- Untuk bayi laki-laki: Tarik kulup (kulit di sekitar ujung kemaluan) sampai ujung penis menyembul, lalu bersihkan dengan kapas yang dibasahi air hangat. Setelah itu, kembalikan kulup seperti semula dan buang kapas yang sudah dipakai. Bersihkan bagian di seputar anus dengan kapas basah yang baru. Keringkan dengan handuk bersih yang lembut sampai benar-benar kering sebelum kenakan popoknya.

- Untuk bayi perempuan: Basahi kapas dengan air hangat, usap bibir vagina
(labia) dan sela-selanya dengan arah dari atas ke bawah. Lakukan sekali usap atas – bawah, lalu buang kapasnya. Ulangi dengan kapas yang baru sampai bersih. Bersihkan pula bagian di sekitar anus. Keringkan dengan handuk bersih yang lembut, lalu pasang popok.

Lakukan setidaknya satu kali sehari setiap mandi pagi atau sore. Tak perlu menaburi bedak bayi sebelum memakaikan popok untuknya, Ma. Serbuk bedak yang
masuk ke bagian genital si mungil justru bisa menyebabkan terjadinya iritasi.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia