Cara Stimulasi Bayi Bicara

Ada banyak sekali cara untuk membuat bayi berbicara, Ma. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

- Sebutkan nama segala sesuatu yang diberikan padanya. Pada waktu mandi, misalnya, katakan, “Ini shampo,” sambil Anda meraih botol sampo. Hal ini bisa menambah perbendaharaan kosakata anak.

- Membaca bersama. Pada awalnya, ia tidak akan mengerti apa yang Anda katakan. Meski begitu, cara ini akan membantu menstimulasi pancaindranya dan menanamkan rasa cintanya terhadap buku.

- Ajak bermain! Dari permainan cilukba, misalnya, bayi Anda bisa belajar mendengarkan, menunggu giliran, dan meniru. Dan, ketiga hal ini benar-benar diperlukan saat berkomunikasi.
 
- Bernyanyi. Secara alami, bayi sangat menyukai musik. Nah, bernyanyi merupakan cara yang paling asyik untuk memperkenalkan berbagai variasi suara.

- Balas celotehnya. Ketika bayi Anda mengatakan “goo goo,” balaslah dengan sesuatu yang mirip, seperti “Halo, boo boo. Lagi ngapain?” Permainan suara ini akan membuat ‘permainan’ berbicara lebih seru.

Sebelum Anda meneruskan celoteh, berhenti sejenak untuk membiarkan anak ‘berbicara’. Dengan begitu, anak tahu ritme dari percakapan yang sesungguhnya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia