Gendong Bayi Membuat Kaki O?

Postur kaki semua bayi memang agak berbentuk O, akibat posisi tubuhnya semasa janin di dalam rahim ya Ma. Berikut infonya:

• Sempitnya rahim membuat kaki ditekuk selama berbulan-bulan. Alhasil, kaki anak pun terlihat melengkung seperti huruf O (bow leg). Kondisi ini akan berangsur-angsur membaik, seiring dengan bertambahnya usia anak. Meski demikian, bisa saja hal ini berlangsung sampai ia berusia 2 tahun. 

• Tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa menggendong anak di dada akan membuat kakinya membuka (‘mengangkang’). Ini benar-benar mitos lho! Justru, menggendong bayi di dada Anda sangat baik dampaknya. Anak tidak kedinginan (dada Anda kan inkubator yang terbaik!). Bahkan, sekarang, sudah diterapkan metode kangaroo care untuk bayi baru lahir. Jadi, Anda tak usah ragu-ragu saat memakai alat bantu gendong yang diletakkan di bagian depan tubuh Anda. 

• Yang pasti, tidak ada kiat khusus dalam mempergunakan alat bantu gendong seperti itu. Umumnya, alat bantu gendong ini digunakan untuk bayi dengan berat badan lebih dari 4 kg. Pilihlah alat bantu yang terbuat dari materi yang nyaman (untuk Anda dan bayi Anda), kokoh, dan pas untuk panjang tubuh Anda (bagian dada dan pinggang). (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia