Giginya Mana?

Belum tumbuh gigi

Tak usah khawatir, Ma. Meski ia sudah berusia hampir setahun, atau malah lewat sedikit, tidak apa bila giginya belum tumbuh. Setiap anak punya waktunya sendiri untuk tumbuh gigi. Memang, kebanyakan anak mulai tumbuh gigi di usia sekitar 7 bulan, tapi masih bisa dikatakan normal, kok, bila giginya belum tumbuh di usia 9 bulan. Namun, jika Anda masih cemas, berkunjunglah ke dokter gigi untuk memastikan keberadaan ’bibit’ gigi si kecil.

Kalau begitu, adakah vitamin yang ia perlukan untuk mempercepat pertumbuhan giginya yang terlambat muncul? Sebetulnya ia tidak perlu vitamin. Berikan saja makanan yang sehat sesuai piramida makanan. Tentunya, ini juga termasuk ASI (bila ASI kurang, boleh ditambah susu segar tanpa perisa alias yang murni putih dan tak manis).

Yang pasti, kalsium ada di berbagai makanan dan susu. Begitu pula dengan vitamin dan mineral. Sajikan makanan sehat secara seimbang. Ini berarti isi piring anak dengan makanan yang berwarna-warni. Misalnya, beras merah dengan lauk-pauk protein dan sayur yang berwarna hijau, tomat, wortel, dan sebagainya. Sebagai penutup, berikan buah warna lain (kuning atau putih).

Berikan makanan yang sesuai untuk usianya saat ini, yakni yang agak kasar dan harus dikunyah. Hindari pemberian makanan lembut terus menerus karena tidak akan merangsang gusi dan calon gigi.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia