Ikan Kurangi Risiko Asma Anak

Ada cara sederhana untuk mengurangi risiko asma pada anak.


Coba tambahkan ikan ke dalam menu makanannya untuk menurunkan risiko asma hingga 36% di kemudian hari. Sebuah studi di Belanda mengungkapkan, bayi yang mengonsumsi ikan antara usia 6 – 12 bulan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena asma. Menurut Jessica Kiefte-de-Jong, peneliti dari Erasmus Medical Center di Rotterdam, paparan awal dari asam lemak omega-3 yang ada pada ikan, seperti salmon, bisa membantu melawan perkembangan asma. 


Meski demikian, sebagian dokter anak tak sepakat dengan temuan ini. Salah satu alasannya adalah, “Memberi ikan pada bayi di bawah 1 tahun bisa berisiko menimbulkan alergi," ujar Dr. Antonio Rodriguez, direktur pulmonologi anak di Miami Children's Hospital.


Ditambah lagi dengan kekhawatiran kemungkinan ikan mengandung racun merkuri. Meski begitu, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih ikan yang memiliki kandungan merkuri rendah, seperti udang, salmon, lele, dan tuna kalengan. Hindari mackerel, tilefish, dan swordfish yang memiliki kadar merkuri tinggi. 


Baca juga: Akupuntur Bisa Sembuhkan Alergi Anak 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia