Interaksi dengan Bayi Lain

Seberapa pentingkah bayi harus bergaul dengan bayi lainnya? Untuk bayi usia 1 tahun dan lebih kecil, menjalin kelekatan (bonding) dengan Mama dan Papa adalah tugas yang paling penting dalam hidupnya.

Jadi, berada di dekat bayi lain bukanlah suatu keharusan. Nah, penelitian menyarankan bermain dengan bayi lain memang bisa membantu mengembangkan keterampilan, seperti empati, meniru, dan bermain bersama secara kompak, terutama seiring dengan tumbuhnya mereka menjadi batita.

Jangan khawatir jika batita belum mau bermain cilukba dengan teman cilik di sebelahnya: Tidak akan ada banyak bermain yang sifatnya timbal balik hingga ia berusia lebih dari 2 tahun. Anak yang pemalu atau pendiam, khususnya, akan mendapat manfaat yang optimal dari berinteraksi dengan kelompok peer-nya, kata Donna Pincus, Ph.D., direktur dari Child and Adolescent Fear and Anxiety Treatment Program di Boston University.

Berada di sekitar anak lain bisa membantu dia mengatasi rasa gelisahnya dengan cara berinteraksi dengan anak lain—keterampilan yang sangat penting dikuasai begitu anak masuk prasekolah dan SD.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia