Let's Vacay!
Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Wisata apa yang jadi pilihan keluarga Anda?
Jelajah Museum
Bermain di Pantai
Liburan di Pegunungan
Wisata Belanja
Wisata Kuliner

Kapan Bayi Perlu Imunisasi IPD?

T: Benarkah anak harus diimunisasi IPD? Apa syaratnya?
J: IPD adalah kependekan dari Invasive Pneumococcal Disease alias penyakit yang berat akibat infeksi Pneumokokus (Streptococcus pneumoniae). Kuman ini bisa menyebabkan infeksi saluran napas atas dan menimbulkan komplikasi seperti pneumonia (radang paru-paru), infeksi telinga tengah (otitis media) atau meningitis (radang selaput otak).  Cara penularan kuman terjadi melalui percikan kecil dahak dan lendir saluran napas atas. Dan, populasi yang paling berisiko tertular penyakit ini adalah anak kecil (di bawah usia 2 tahun) yang hidup di lingkungan kumuh.

Ada 23 jenis (strain atau galur) kuman Pneumokokus, sedangkan jumlah galur kuman Pneumokokus yang ada di vaksin IPD hanya 7. Indonesia memang belum memiliki data seberapa besar dampak klinis yang disebabkan kuman ini (berapa banyak anak yang terkena infeksi dan mengalami komplikasi pneumonia dan meningitis). Juga, kita tidak mengetahui galur kuman Pneumokokus yang ada di Indonesia (apakah sesuai dengan ke-7 galur di vaksin IPD). Imunisasi IPD diberikan ketika bayi berusia 2 bulan (bersamaan imunisasi DPT).

Di atas usia 2 tahun, imunisasi akan diberikan pada anak tertentu. Misalnya, anak dengan penyakit kronis atau sistem kekebalan tubuhnya potensial rendah. Sampai kini, imunisasi IPD belum menjadi imunisasi wajib. Banyak faktor yang dipakai sebagai patokan untuk menentukan kapan vaksin dimasukkan menjadi program imunisasi wajib. Di antaranya data dampak klinis, kemampuan produksi lokal, harga, serta kemampuan pemerintah untuk mensubsidi.

Bila dana tidak menjadi masalah, silakan imunisasikan si kecil (usianya belum 2 tahun kan?). Catatan: Karena kita tidak mengetahui galur kuman Pneumokokus yang ada di Indonesia, vaksin ini bisa memberi perlindungan. Namun, vaksin belum tentu berhasil memberi proteksi buat anak-anak Anda ya.

PAR 0307


   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+