Kedekatan dengan bayi baru lahir

Tenang, tidak ada yang salah sama sekali. Bonding atau kelekatan antara orangtua dengan bayi memang bisa muncul pada detik-detik kelahiran, bahkan selama masa kehamilan. Namun, banyak juga yang baru merasakan lebih lama setelahnya. Ada banyak alasan, seperti: proses kelahiran yang melelahkan, kondisi hormon yang berubah pasca melahirkan, trauma akibat proses melahirkan, atau karena bayi yang baru lahir tidaklah selucu gambar-gambar yang ada di majalah.
   
Kalau itu yang Anda rasakan, inilah tip mengatasinya:

  1. Penuhi kebutuhan Anda, jangan terlalu memikirkan hal lain. Anda butuh istirahat, tidurlah ketika si bayi tidur. Minta bantuan orang lain untuk melakukan tugas-tugas rumah tangga.
  2. Bekerja sama dengan pihak rumah sakit untuk memastikan agar para tamu hanya datang berkunjung pada jam besuk. Jika tak ingin mengecewakan, minta suami dan orangtua mengajak tamu mengobrol, sementara Anda beristirahat. Bila tubuh Anda sudah lebih segar, telepon mereka untuk menyampaikan terimakasih.
  3. Rawat bayi Anda. Banyak-banyaklah menggendong, menyusui, dan mengganti popoknya. Kalau belum berani, duduklah di dekat bayi Anda sesering mungkin, terutama ketika babysitter atau ibu Anda sedang merawatnya. Dan, ajak dia biacara.
  4. Biarkan suami ikut ambil bagian dalam merawat si kecil dengan caranya sendiri. Jangan terlalu banyak mengeritiknya, yakinlah dia juga mencintai si kecil. Akan lebih baik jika orang lain yang memberitahu bagaimana cara dia melakukan perawatan, sementara Anda lebih banyak mendukung dia untuk tetap mencoba.
  5. Jaga hubungan dengan suami, bukan hanya untuk minta tolong, tapi juga untuk saling berbagi mengenai perasaan Anda berdua di hari-hari melelahkan dan menakjubkan ini. Anda berdua juga bisa saling menceritakan hal-hal yang Anda ingat selama kehamilan dan proses melahirkan, atau saling mengagumi ‘hasil karya’ Anda berdua. 

Kalau setelah melakukan ini semua Anda masih belum merasakan kedekatan, kuncinya adalah: bersabar! Lakukan berulangkali, jangan terlalu dipikirkan. Akhirnya, kelekatan pasti akan muncul juga.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia