Kotoran di Mata Bayi, Berbahayakah?

Jika kotoran di mata bayi hanya sedikit dan tidak membuat mata bayi menjadi lengket, berarti kondisinya masih normal. Anda cukup membersihkan matanya menggunakan kapas dan air hangat. Jika mata bayi kemerahan waspadai infeksi.
 
Tak cuma bengkak dan sembap, mata bayi baru lahir juga sering berair dan mengeluarkan kotoran atau belekan. Apakah ia sakit mata, Ma? Tidak, kok. Mata belekan biasanya terjadi akibat adanya sumbatan pada saluran air mata bayi.

Kondisi ini akan menghambat aliran air mata bayi ke rongga hidung, sehingga mata bayi pun berair terus-menerus dan kotoran pun menumpuk di ujung matanya. Atau, bisa juga kondisi ini disebabkan oleh infeksi jalan lahir ketika proses persalinan berlangsung.
 
Yang paling penting  Mama lakukan:

· Perhatikan apakah belekan yang terjadi normal atau tidak. Jika kotoran hanya sedikit dan tidak membuat mata bayi menjadi lengket, berarti kondisinya masih normal. Anda cukup membersihkan matanya menggunakan kapas dan air hangat.

· Lakukan pembersihan dari bagian dalam ke arah luar mata.

· Jika kotoran cukup banyak sehingga menyebabkan matanya lengket, cobalah mengompres matanya dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat.

· Waspadai infeksi jika terlihat tanda-tanda matanya kemerahan. Segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Atau, lakukan pijatan dari pangkal hidung bayi (tepi mata sebelah dalam) ke arah hidung (ke arah bawah) dengan gerakan berputar. Pastikan Anda melakukannya secara perlahan, ya, Ma. (Foto: dok.Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia