Mandi Sebabkan Kulit Bayi Kering?

Benarkah mandi menyebabkan kulit bayi menjadi kering? Tidak benar, Ma. Namun, coba minimalkan iritasi kulit anak dengan memilih sabun dan perawatan kulit lainnya yang sesuai dengan kulit anak.


Selain itu, tidak perlu terlalu lama juga memandikan bayi. Cukup sekitar 5 – 10 menit dengan temperatur air 36 - 37°C. Pastikan juga tidak ada sisa sabun atau sampo yang tertinggal di kulitnya.


Seberapa sering bayi harus mandi? Sebenarnya bergantung terhadap tiap anak. Literatur kesehatan memang mengatakan bayi cukup mandi sekitar dua hari sekali atau empat kali seminggu. Tapi, mengingat kita tinggal di negara tropis, yang memungkinkan anak untuk sering berkeringat, mandi setiap hari seperti orang kita pada umumnya sebenarnya dibolehkan saja.


Namun, tetap perhatikan kulit bayi ya, Ma. Bila ia memang memiliki jenis kulit yang sensitif, jangan lupa untuk memberinya lotion agar kelembapan kulitnya lebih terjaga. Khususnya bagi anak yang sedang belajar merangkak, biasanya akan memiliki lutut yang lebih kering karena terus menjadi pijakan dan bersentuhan dengan debu. Sebaiknya oleskan lotion khusus bayi dalam 5 menit pertama setelah mandi, untuk melembapkan bagian tubuh yang kering seperti lutut dan siku.



 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia