Manfaat Rooming-in Bagi Bayi Baru Lahir

Bukan hanya bermanfaat bagi ibu untuk memperlancar ASI, rooming-in juga banyak nilai plusnya bagi bayi Anda  yang baru lahir.


Ketika tidur sekamar dengan mamanya, bayi akan belajar mengenali aroma tubuh, sentuhan, bunyi napas, serta suara ibunya. Semua itu ampuh untuk menenangkan bayi gelisah. Kedekatan fisik antara seorang ibu dengan anaknya, berdasarkan sejumlah penelitian, juga besar gunanya untuk mempererat ikatan emosional antara keduanya kelak.


Yang pasti, bayi yang dirawat di dalam kamar sama dengan ibunya akan relatif lebih tidak rewel dibandingkan bayi dirawat terpisah. Menurut Jeannette Crenshaw, kepala perawat dan peneliti di Presbyterian Hospital of Dallas, Amerika, seorang ibu yang tidur berdekatan dengan bayinya akan lebih mudah beristirahat dibandingkan mereka yang tidur terpisah. Begitu pula dengan bayinya. Kebutuhan untuk selalu berdekatan ini, menurut Crenshaw, merupakan insting alami yang dimiliki seorang ibu dan bayinya.


“Bukan hanya berguna untuk menenangkan bayi rewel, kedekatan bayi dengan ibu pada saat-saat awal kelahiran amat penting untuk mendukung pertumbuhannya kelak,” kata dr. Ayu Partiwi, Sp.A, MARS, dari RS Bunda, Jakarta, yang juga salah seorang penulis buku 'Indonesia Menyusui'.


Dr Tiwi juga menjelaskan, “Contact comfort atau kelekatan dengan diri individu lain adalah kebutuhan yang sangat tinggi di bulan-bulan pertama kelahiran bayi. Dibandingkan mamalia lain, manusia memiliki kebutuhan akan contact comfort yang paling besar. Pemenuhan kebutuhan ini penting untuk mengembangkan rasa aman dan percaya diri, sehingga kelak bayi bisa tumbuh menjadi pribadi yang merasa secure terhadap lingkungannya."


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia