'Me Time' untuk Bayi

Ada kalanya bayi butuh 'me time' atau waktu sendiri. Kapan saja?
 
Menurut Vera, Anda bisa mengamati tanda-tanda kapan bayi membutuhkan saat untuk menyendiri. Caranya, bila di tengah-tengah permainan (misalnya cilukba, menari, dsb) tiba-tiba bayi Anda mulai menghindari kontak mata, menggelengkan kepalanya, menggeliat-geliat, atau menangis.

Itulah caranya untuk memberitahu Anda bahwa ia sudah lelah bermain dan perlu waktu beristirahat. Segera sudahi permainan, kemudian letakkan ia di bouncer untuk menenangkan diri, atau susui ia di kamar yang tenang.  

Me time untuk bayi:
• Temani bayi Anda, tapi tak perlu selalu jadi teman bermainnya. Anda bisa melakukan aktivitas sendiri sambil tetap berada di dekat si kecil, Ma. Misal, saat Anda sedang mencatat aneka tagihan, berikan amplop kosong pada si kecil untuk ia mainkan.

• Tak perlu buru-buru mengajak bayi bermain ketika ia sedang bermain sendirian. Jangan khawatir, si kecil bisa, kok, menikmati waktu bermain sendirian di boks atau bouncer-nya, selama ia tahu bahwa Anda ada di dekatnya.

• Kurangi kebisingan dan aktivitas. Bayi tampak sedang ingin bermain sendirian? Redupkan lampu, kurangi suara televisi atau musik, dan jangan ganggu ia untuk sementara waktu.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia