Menidurkan Bayi dengan Metode No-Cry

Apa yang dimaksud dengan metode No-Cry? Metode ini memiliki ciri selalu berada dekat dengan bayi kapan pun ia membutuhkan Anda. Secara bertahap, kurangi jumlah waktu dan kadar perhatian padanya.

Mengapa cocok untuk Anda:
•    Anda tidak ingin bayi Anda menangis di malam hari.
•    Anda tidak keberatan bangun sepanjang malam sekarang ini, bila hal ini bisa membuat Anda berdua berkurang stresnya.
•    Anda mengharapkan adanya banyak kontak fisik dengannya.

Cara menidurkan bayi:
Sekilas metode ini tampak banyak menuntut Anda, tapi cukup mudah, kok. Yang perlu Anda lakukan adalah secara konsisten menjaga waktu tidurnya dan melakukan ritual yang menenangkan bayi (seperti memandikan, menyusui, atau menimang-nimang).

Dari hal-hal ini, bayi Anda tahu bahwa waktu tidur sudah tiba! Jaga bayi agar selalu berada dalam jangkauan Anda sepanjang malam, baik dengan cara berbagi kamar atau menggunakan alat monitor bayi.

Begitu dia terbangun, yang pertama harus dilakukan adalah dengarlah apakah dia tidur lagi atau tidak? Jika tidak, tenangkan dia dan secara bertahap kurangi berapa lama waktu yang diperlukan untuk menidurkan dia lagi. Pastikan payudara Anda tidak berasa di dalam mulut mungilnya ketika dia mengantuk (tapi belum tidur). Kenapa? Menurut Elizabeth Pantley, penulis The No-Cry Sleep Solution, “Hal ini bisa membuatnya berharap bisa menyusu setiap kali terbangun.”

Tips: American Academy of Pediatrics mengingatkan, bahaya tidur seranjang dengan bayi Anda. Jika hal ini dilakukan, Anda harus melakukan berbagai tindakan pencegahan, seperti singkirkan semua selimut dan bantal. Bila perlu, konsultasikan hal ini dengan dokter anak Anda.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia