Penanganan Masalah Testis pada Bayi

Kondisi testis belum turun saat lahir (undescended testis) harus ditangani saat anak berusia 6 bulan dan paling lambat usia 2 tahun, Ma. Semakin dini penanganannya, semakin baik hasilnya. Berikut ini alasannya:

• Penanganan undescended testis terdiri dari dua hal, yaitu terapi hormon atau terapi bedah. Keberhasilan salah satu terapi tersebut ditentukan antara lain posisi testis yang belum turun. 

• Jika testis tidak teraba atau masih jauh dari skrotum (misalnya di selangkangan), disarankan untuk terapi bedah. 

• Bila testis di posisi dekat dengan skrotum, bisa dipertimbangkan untuk memberi terapi hormon. Di lain pihak, kebanyakan testis teraba di skrotum, namun kadang-kadang naik ke atas (lebih ke hulu) atau disebut retractile testis tidak perlu diterapi apapun, karena testis akan turun dengan sendirinya sejalan berjalannya waktu. 

• Terapi hormon adalah penyuntikan hormon hCG. Hormon ini akan membantu testis memproduksi hormon. Jika kadar hormon pria meningkat, hal ini akan mendorong testis untuk turun ke skrotum. Terapi hormon ini bisa menyebabkan pubertas muncul lebih awal. Terapi bedah (orchydopexy) umumnya bukan operasi, sehingga anak bisa pulang dalam satu hari. 

• Sebaikya, carilah second dan third opinion ke dokter bedah urologi dan dokter anak ahli endokrinologi. (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia