Penyebab Bayi Dehidrasi

Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh kekurangan cairan. Bayi juga bisa mengalami dehidrasi. Tingkat dehidrasi bisa bervariasi, mulai dari yang ringan dan dapat segera diatasi, yang sedang, sampai yang parah dan perlu di rawat di rumah sakit. Penyebab dari dehidrasi bisa bermacam-macam, dan salah satunya bisa datang dari Anda sendiri, jika Anda lupa memberi anak minum saat ia sedang bermain.

Di samping itu, ada beberapa penyebab lain dari dehidrasi, yaitu:

1.    Diare dan muntah
Muntah dan diare berulang dapat menjadi penyebab kekurangan cairan. Jika sudah begitu, nafsu makan dan minum anak pun menurun. Sekalinya ada makanan atau minuman yang bisa masuk, jumlahnya sedikit dan umumnya akan dikeluarkan kembali lewat muntah atau pup. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan cairan pengganti, seperti cairan oralit atau larutan gula garam. Pemberian cairan ini disesuaikan dengan berat badan dan kemampuan minumnya. Kalau Anda membawa anak ke dokter, biasanya dokter akan memberi probiotik dan zinc.

2.    Demam
Diare dan muntah dapat juga disertai demam. Demam pada saat diare dapat disebabkan karena infeksinya sendiri (virus atau bakteri) atau karena dehidrasinya. Biasanya, dengan memberi anak cairan yang sesuai, akan menurunkan demamnya. Namun, jika demam anak tidak turun atau bahkan semakin tinggi, segera bawa ke dokter agar diberikan obat penurun panas.

3.    Common cold
Common cold atau infeksi saluran pernapasan biasanya terjadi bersamaan dengan diare karena virus. Common cold ditandai dengan gejala radang tenggorokan, batuk,dan atau pilek. Gejala-gejala tadi dapat menyebabkan anak kehilangan nafsu makan karena biasanya ia akan sulit untuk menelan. Jika kemudian anak menunjukkan tanda-tanda dehidrasi berat, sebaiknya segera dibawa ke dokter.

4.    Cuaca panas
Indonesia sebagai salah satu negara tropis, juga bisa menjadi penyebab anak mengalami dehidrasi. Cuaca yang panas dapat membuat kita berkeringat berlebihan, begitu pula dengan bayi. Dalam kondisi seperti ini, berikan anak asupan dua kali lipat dari biasanya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia