Penyebab Telapak Kaki dan Tangan Anak Kuning

Kuning pada telapak kaki dan tangan biasanya akibat tingginya pigmen karoten (carotene) di tubuh atau disebut carotenemia, Ma. Ini dia penjelasan lainnya, Ma:

• Karoten adalah pigmen yang dihasilkan oleh tanaman yang menyebabkan sayur dan buah berwarna kuning atau oranye. Namun karoten juga terdapat di sayuran berwarna hijau.

• Semakin gelap warna hijaunya, semakin tinggi karotenenya. Karoten  ini merupakan sumber utama vitamin A. Penyerapan karoten di usus akan meningkat pada makanan yang sudah dimasak dan sudah dilembutkan (puree) karena pengolahan tersebut menghancurkan serat.

• Karoten pun diserap lebih cepat dan banyak. Biasanya, carotenemia ditemukan pada bayi dan anak kecil karena makanan mereka masih lembut. Dan kondisi ini disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi karoten, seperti wortel, ubi kuning, labu kuning, dan lain-lain.

• Warna kuning ini mencolok di telapak tangan, telapak kaki, dan lipatan bibir hidung. Mata tidak akan berwarna kuning sehingga bisa dibedakan dengan kuning akibat penyakit hati.

• Kondisi ini sifatnya ringan, tidak berbahaya, tidak menimbulkan komplikasi apapun dan akan membaik dengan mengubah pola diet. Anda tidak perlu ke dokter. Nantinya, saat berkonsultasi (misalnya untuk imunisasi), Anda bisa tanyakan pada dokter untuk memastikan kondisi si kecil tersebut apakah memang benar carotenemia atau tidak. (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia