Pertumbuhan Bayi Tanpa ASI Eksklusif

Ketika bayi sama sekali tak memperoleh ASI (Air Susu Ibu), pertumbuhannya bisa tetap optimal kok, selama pemberian sufor alias susu formulanya benar. Apa artinya?

Sufor diberikan secara tepat, mulai dari takaran (tidak terlalu encer atau pekat), jumlah (sesuai kebutuhan, sehingga anak tidak kegemukan atau kekurangan gizi), hingga teknis kombinasinya dengan makanan lain (jangan sampai anak tak mau makan, dan diganti dengan susu yang sebanyak mungkin). Selain itu, sufor harus benar-benar higienis atau terjaga kebersihannya.


Bagaimana caranya agar anak tumbuh secara optimal? Berikan makanan yang sehat seimbang seperti dalam piramida makanan. Juga, berilah makanan dengan penuh kasih sayang, fun, serta menunya menarik dan enak (tidak monoton, padahal diberikan selama berbulan-bulan!). 

Nah, pertumbuhan anak akan optimal bila pemberian susu dan makanan sesuai umur bayi, yakni 6 bulan pertama hanya ASI atau susu, usia 6 – 12 bulan diberikan ASI atau susu dan MPASI (Makanan Pendamping ASI), di atas usia 1 tahun susu diberikan maksimal 500 ml (susu UHT atau Ultra High Temperature atau pasteurisasi yang tawar atau plain), serta di atas 2 tahun diberikan susu UHTa atau pasteurisasi yang low fat.

Sementara itu, perkembangan merupakan hasil akhir dari genetik (garis keturunan) plus nurture atau pola pengasuhan (lingkungan dan stimulasi). (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia