Susu Formula Tepat Untuk Bayi



Di pasaran, terdapat banyak sekali versi susu formula, sehingga Anda sulit menentukan pilihan. Makanya, kontributor editor Parenting USA, Claire McCarthy, M.D., menjelaskan jenis-jenis susu formula yang ada. (Namun, konsultasi dulu dengan dokter  sebelum mengubah susu formula bayi Anda.)

Jenis:

Sasaran:

Paling baik untuk:

 

Soya

Dibuat dari protein kacang kedelai

 

Bayi yang alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, dan anak vegetarian murni

 

Hanya sedikit bayi. Jarang sekali bayi baru menderita intoleransi laktosa (jadi lupakan susu formula yang bebas laktosa, juga); plus banyak anak yang alergi susu sapi juga alergi kedelai. Kini, sebagian dokter meninggalkan susu ini dan beralih ke susu hydrolysate (lihat bawah).

Hydrolysate

Protein susu sapi dipecah agar susu lebih mudah dicerna

 

Bayi yang alergi makanan atau intoleransi laktosa

 

Sekitar 2% bayi yang alergi susu dan punya masalah pencernaan. Dokter akan menyarankan mengganti susu formula bila kondisi bayi sangat parah (harga susu hydrolysate hampir 2 kali lipat dari susu formula biasa).

Organik

Bebas pestisida, hormon pertumbuhan, dan antibiotika

 

Bayi yang orangtuanya lebih memilih bahan organik

 

Orangtua yang tidak keberatan mengeluarkan uang lebih demi ketenangan pikiran. Juga, hanya sedikit bukti yang menunjukkan, susu formula biasa mengandung pestisida, hormon pertumbuhan, dan antibiotika yang berbahaya.

Rice starch

Ditambahkan untuk mengentalkan susu formula

 

Bayi yang muntah-muntah hebat, sehingga butuh susu formula yang bisa membantunya untuk memperoleh kecukupan kalori

 

Sangat sedikit bayi. Tanyakan dulu pada dokter tentang penggunaan susu formula dengan sedikit air, atau penggunaan antacid. Jika dokter menyarankan jenis susu ini, lebih murah untuk menambahkan sendiri sereal beras pada susu. Catatan: Hanya bayi yang sudah cukup umur untuk makan makanan padat boleh diberi sereal beras dalam susu formulanya.

Preterm

Mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi prematur

 

Bayi prematur, yang butuh lebih banyak kalori dan lemak yang mudah diserap

 

Kebanyakan bayi prematur. Karena bayi tumbuh baik, dokter bisa membantu Anda untuk memutuskan apakah harus mengganti susu formula biasa di usia 6 bulan atau tidak; beberapa anak memang bisa lebih cepat diganti susunya (lebih cepat lebih baik, sebab terlalu banyak susu ini bisa membuat bayi menjadi gemuk).

Batita

Lebih banyak kalsium dan nutrisi lain

 

Untuk si 9-24 bulan yang suka pilih-pilih makanan dan tidak mendapat cukup nutrisi dari makanan

 

Hanya sedikit anak. Kondisi si pemilih makanan bisa semakin buruk bila tidak didorong untuk mencoba makanan padat. Di pengawasan dokter, anak usia di atas 1 tahun yang beratnya di bawah normal sebaiknya memilih Pediasure, pengganti makanan yang lebih banyak nutrisi.

Probiotik

Bakteri baik ditambahkan untuk memperkuat usus dan sistem kekebalan tubuh

 

Untuk bayi sehat

 

Bayi yang diare (tanyakan pada dokter). Sampai ada bukti bahwa susu ini bisa benar-benar memperkuat tubuh dalam jangka panjang, penggantian yang sifatnya permanen mungkin tak sepadan dengan ‘investasi’ Anda untuk memiliki bayi sehat, kata American Academy of Pediatrics.

 

PAR 0108



   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.