Tips Bayi Nonton TV

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa 40% dari anak umur 3 bulan menonton TV, dan 90% anak-anak melakukannya pada usia 2 tahun. Jika Anda akan memperbolehkan anak-anak untuk menonton (dan kebanyakan dari kita melakukannya), inilah cara cerdas agar tetap aman:

Jadilah pemilih. Pilih tayangan mana yang akan ditonton anak Anda (seperti Dora the Explorer) atau yang memiliki alur cerita yang jelas adalah cara untuk  mengembangkan bahasa dengan baik.
 
Bergabunglah dengan anak. Berbicara dengan anak tentang apa yang terjadi pada acara yang ditonton akan membantunya belajar lebih banyak dari apa yang dia lihat.

Jadilah kreatif. Buat video anak Anda sendiri, mereka akan terpikat pada saat melihatnya dan Anda dapat menunjukkan padanya bahwa TV bukanlah hal yang nyata.

Gunakan sesuai kebutuhan. Kehidupan nyata dan interaksi antar manusia akan membuat anak-anak belajar lebih cepat ketimbang melihatnya dari televisi.

Matikan saat bayi Anda berhenti menontonnya. Kebisingan dapat mengalihkan perhatiannya dari upaya bermain ataupun melakukan hal lainnya.

Hindari TV di sekitar jam tidur siang atau malam. Hal ini dapat mengganggu tidur bayi Anda.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia