4 Jenis Teh Populer

Teh adalah minuman selain air yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Tak heran teh jadi favorit, soalnya manfaat kesehatannya memang banyak. Lain jenis teh, lain pula khasiatnyaa. Berikut ini 4 jenis teh populer di dunia beserta manfaatnya bagi tubuh:

Teh hitam untuk napas segar

Jenis teh yang paling umum disajikan di Indonesia ini berkhasiat sebagai pendongkrak energi. Kandungan kafein dalam secangkir teh hitam nyaris setara dengan kafein dalam secangkir kopi, plus dalam the hitam juga terkandung antioksidan dan vitamin. Yang menarik, riset dari Pacific College of Oriental Medicine menemukan bahwa polifenol dalam the hitam bisa menghentikan pertumbuhan bacteria dalam mulut sehingga mengurangi penumpukan plak dan menghasilkan napas lebih segar.

Teh ginseng untuk energi ‘di kamar tidur’

Teh ini berkhasiat meredakan sakit saat menstruasi, menurunkan tekanan darah tinggi dan juga menstimulasi sel-sel otak. Tapi, yang paling menarik adalah khasiatnya untuk meningkatkan libido laki-laki dan perempuan. “Ginseng bekerja membantu tubuh menghasilkan nitrat oksida—seperti Viagra,” ujar Dr. Christopher Saigal, asisten professor urologi di UCLA School of Medicine.

Teh hijau untuk kesehatan jantung

Walau kurang popular dibanding the hitam, khasiat the hijau cukup banyak, lho. Mulai dari mengurangi risiko kanker hingga meningkatkan kesehatan mental. Journal of the American Medical Association menyimpulkan bahwa konsumsi teh hijau sampai 5 cangkir per hari berkaitan dengan berkurangnya risiko kematian akibat penyakit jantung. Kesimpulan diambil setelah meneliti lebih dari 40.000 penikmat teh hijau di Jepang selama 11 tahun.

Teh oolong untuk pinggang langsing

Dalam pengobatan tradisional Cina, the oolong sudah sejak dahulu kala dipercaya berkhasiat mengurangi lemak tubuh. Kini imu pengetahuan modern mendukung kepercayaan tersebut. Antioksidan katekin dalam the oolong akan mempercepat metabolisme dan membakar lemak secara efektif. Tapi jangan mengharapkan hasil dramatis ya, Ma, soalnya teh oolong hanya membantu mempercepat metabolisme dan bukan merupakan obat pelangsing.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia