5 Bonus Kesehatan Setelah Melahirkan

Ternyata, setelah melahirkan hadiah untuk mama baru tidak hanya bayi mungil, tapi juga bonus kesehatan.

Percaya atau tidak, setelah melahirkan tubuh juga akan sehat. Alasannya antara lain:

Bonus: Mengurangi risiko kanker ovarium
Wanita yang telah melahirkan memiliki 20% lebih kecil risiko terkena penyakit ini dari pada yang belum pernah melahirkan, karena siklus ovulasi yang semakin rendah.

Bonus: Membangkitkan sel-sel otak
Penelitian pada hewan menunjukkan, perubahan hormon setelah masa bersalin bisa membuat area otak yang menyerap informasi dan memori lebih besar. Diduga, kondisi ini juga dialami manusia (khususnya mama), terutama ketika usia si kecil semakin besar (di atas 2 tahun), dan punya pengalaman sebagai mama.

Bonus: Menurunkan risiko diabetes melitus
Menyusui bisa mengubah metabolisme tubuh dan membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko terkna diabetes tipe 2 sampai 15% tiap tahun selama menyusui.
   
Bonus: Mengurangi risiko kanker payudara
Persalinan beberapa kali bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara, kebanyakan karena berubahnya jaringan payudara; menyusui juga membantu melindungi Anda.

Bonus: panjang umur
Penelitian menunjukkan, orang-orang yang mendapat dukungan dari teman-teman dan memiliki ikatan sosial yang kuat cenderung lebih panjang umur ketimbang yang tidak. Satu lagi untungnya dugem dan punya geng para mama! 

Baca juga: Cara Mengembalikan Energi Setelah Melahirkan

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia