5 Hal Menyenangkan di Hari Natal

menyiapkan natal yang berkesan bersama keluarga

Natal yang dinanti-nanti segera tiba. Sudah terbayangkan suasana syahdu sekaligus meriah yang akan dirasakan seluruh anggota keluarga. Tahun lalu mungkin Anda menganggapnya sebagai perayaan Natal penuh keprihatinan, karena pandemi COVID-19. Toh, kita tidak kehilangan makna Natal sesungguhnya.
 
Tahun ini, harapan kita semua lebih baik, sehingga bisa merayakan Natal bersama keluarga seperti sebelum pandemi. Namun, ternyata, kita masih dikepung suasana pandemi. Walaupiun kasus di Indonesia sudah sangat turun dan melandai, tetap kita perlu waspada, apalagi varian Omicron sedang merebak di dunia.
 
Karena itu, jika hendak bertemu saudara atau mengikuti ibadat di gereja, pastikan Anda menjalankan protokol kesehatan secara ketat.
 
Keseruan Natal semestinya tidak berkurang di tengah pandemi. Akan  berbeda, memang, tetapi ini menjadi pengalaman berharga untuk  kita dan anak-anak. Ada hikmat yang didapat, namun ada pula keseruan yang tidak akan berubah, yang bisa menjadi momen keluarga, seperti berikut ini:
 
Memilih Hadiah
Apa, ya, hadiah paling pas buat Oma, Papa, Adik, atau Kakak? Sambil memilihkan hadiah yang dirasa pas untuk seseorang, anak juga belajar membagi perhatian dan kasih sayangnya kepada
orang lain. Jika kali ini menghindari mal, masih ad acara aman memilih kado Natal, yakni belanja secara online di marketplace. Atau, bisa juga Anda memesan benda-benda unik yang dijual di media sosial, atau karya-karya teman dan saudara. Untuk Oma, bisa dibelikan selendang batik handmade yang cantik, Papa bisa dihadiahi kemeja santai yang keren, Mama dapat lounge wear motif warna-warni yang sedang ngetrend banget, Adik diberi mainan kayu handmade, Kakak dapat kado tas selempang lucu dengan inisial namanya.  Kalau bingung, Anda bisa cek  7 Ide Hadiah Natal untuk Kakak-Adik di Masa Pandemi.
 
Baca juga: 10 Hadiah Natal untuk Istri di Masa Pandemi
 
Mendekor Rumah
Pohon Natal sangat tinggi yang berdiri di ruang tamu mungkin sudah jadi hiasan yang terlalu biasa bagi si kecil. Ajak dia menciptakan pohon-pohon Natal, mistletoe, krans, atau kado-kado Natal serba mini. Manfaatkan benda-benda di sekitar atau yang ada di rumah, sehingga selain bisa mengasah kreativitas anak, bisa untuk mengajarkan mereka untuk menghargai benda-benda yang tidak terpakai dan melakukan upcycle. Hiasan yang berbeda karya sendiri dan dibuat bersama mama dan papa ini pasti unik dan memiliki nilai berharga.
 
Membuat Kartu
Anak ingin memberi hadiah khusus untuk Opa dan Oma? Tidak harus dibeli di toko, ajak anak berkreasi membuat satu kartu Natal untuk mereka. Pasti akan sangat menyenangkan. Jadi, gali kreativitas dan temani dia membuat kartu-kartu Natalnya. Siapkan kertas-kertas warna-warni, spidol, lem, pompom, apa pun yang bisa dijadikan hiasan kartu Natal. Kalau dia belum bisa menulis, Anda bisa membantunya. Berikan contoh tulisan sangat sederhana untuk ditiru. Atau, jika hanya ingin memberinya gambar saja, juga tidak apa-apa. Tiap karya anak sangat bermakna, bukan!
 
Menyusun kegiatan
Kalau biasanya Anda yang merancang kegiatan keluarga di hari Natal, sekarang beri kesempatan kepada anak untuk menyusun kegiatan di hari istimewa itu. Siapa tahu ada ide kegiatan baru yang muncul darinya, sehingga hari Natal Anda tahun ini agak berbeda. Sesuaikan kegiatan ini dengan kondisi pandemi, misalnya dengan tetap di rumah saja dulu, tidak ke mana-mana, lalu main aneka games seru bersama.
 
Menyiapkan hidangan
Memasak selalu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan buat si kecil. Pilih 2 – 3 jenis makanan yang bisa Anda persiapkan bersamanya. Resep-resep sederhana yang lezat bisa Anda coba. Misalnya Resep Jumping Santa, Healthy Gingerbread Cookies, Cake & Cookies Allergen-Free, Resep: Ayam Panggang Saus Jeruk, dan 10 Resep Kue Sajian Natal dan Tahun Baru.
 
 
Baca juga:
Loungewear, Baju Santai Incaran Para Ibu di Rumah
Persiapkan Ulang Tahun Anak Saat Natal
Anak Tenang di Rumah Ibadah. Lakukan 7 Trik Ini!
 
Foto: Freepik
Updated by grc: Desember 2021

 


Topic

#keluarga #natal

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia