Alasan Penting Lakukan Tes Pap Smear

Pap smear adalah tes yang dilakukan untuk memeriksa adanya perubahan pada sel di mulut rahim. Tes yang satu ini penting bagi wanita, terutama bagi yang sudah pernah melahirkan dan masih aktif melakukan hubungan seks.

Melalui pap smear, Anda dapat mengetahui apakah ada infeksi di mulut rahim, dimana mungkin terdapat sel-sel yang tidak normal, atau bahkan sel kanker. Tes pap smear mampu mendeteksi sejak dini munculnya kanker serviks sehingga dapat menyelamatkan nyawa para wanita. Sebab, jika kanker cepat terdeteksi dan diobati, sangat besar kemungkinan penderita kanker dapat sembuh.

Tes pap smear sebaiknya dijadikan tes kesehatan yang rutin Anda lakukan. Tes pertama ideal dilakukan 3 tahun sejak Anda pertama kali aktif secara seksual, dan kemudian diulang 2 tahun sekali jika hasilnya normal.

Waktu yang tepat untuk melakukan tes pap smear adalah antara hari ke-10 dan ke-20 setelah hari pertama Anda menstruasi. Satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan dua hari sebelum melakukan tes Anda tidak melakukan douche vagina atau berhubungan seksual.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia