Apa Kabar Balita Perokok 40 Batang Sehari?

Apa Kabar Balita Perokok 40 Batang Sehari?

Berdasarkan catatan Komisi Nasional Perlindungan Anak, pada pertengahan tahun 2010 terdapat 6 kasus anak balita yang kecanduan rokok. Salah satunya adalah Ardi Rizal asal Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, yang pada usia 2 tahun sanggup merokok hingga 40 batang perhari.

Foto dan videonya di Youtube menjadi headline berita-berita di luar negeri. Kepopuleran Ardi di jagat internasional itu tentu saja menampar wajah pemerintah Indonesia (dan harusnya wajah kita juga sebagai orang tua Indonesia), apalagi Indonesia jadi mendapat julukan 'negara baby smokers' dari negara-negara lain. Ardi pun segera mendapat konseling serta terapi medis untuk mengatasi kecanduannya pada rokok.

Sebuah dokumenter yang tayang di TLC UK Channel sekitar 1,5 tahun lalu, memberi kabar perkembangan Ardi setelah berhenti merokok. Kecanduan rokok telah berganti menjadi kecanduan junkfood sehingga berat badannya melebihi batas sehat. Orang tuanya pun berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang mengatakan bahwa selain pola makan, masalah berat badan Ardi juga dipengaruhi oleh kebiasaan merokoknya dahulu.

Paparan nikotin pada usia sangat dini berdampak pada level hormon seperti insulin dan glukosa di tubuh Ardi. Keluarganya pun menerapkan diet ketat pada Ardi, no junkfood, hanya boleh makan ikan, buah dan sayur yang mudah didapat di kampung halamannya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia