Artritis Rematoid, Rematik Serang Orang Muda

Saat mendengar penyakit rematik, kebanyakan orang mengira itu penyakit pada lansia. Memang benar, tapi rematik juga bisa menyerang orang usia produktif, nama penyakitnya Artritis Rematoid.

Penyakit ini adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan radang kronis sendi tangan dan kaki. Gejala awalnya kelelahan, demam, nyeri sendi, berat badan turun drastic.

Kekakuan dan pembengkakan sendi ini menyebabkan hilangnya fungsi sendi karena kerusakan tulang dan tulang rawan sehingga berakhir dengan kecacatan. Sedangkan rematik pada lansia disebut osteoarthritis, kerusakan jaringan diakibatkan oleh keausan.

Seperti penyakit autoimun lainnya, arthritis rematoid tidak diketahui pasti penyebabnya dan belum dapat disembuhkan namun dapat dikontrol. Prof.Dr.dr. Harry Isbagio, SpPD-KR dari Divisi Rematologi FKUI mengatakan karena tidak jelas penyebabnya, penyakit ini sulit dicegah.

Yang bisa dilakukan adalah mengenali sejak dini gejalanya sehingga kecacatan bisa dihindari. Terapi biasanya dilakukan dengan kombinasi berbagai obat untuk meringankan gejala, tapi kini dengan ada terapi terbaru hanya dengan satu obat Tocilizumab yang membantu mengurangi peradangan dan perkembangan arthritis rematoid sehingga mencegah kecacatan.

Baca juga: Penyebab Kelelahan Berlebihan

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia