Bahaya Duduk Terlalu Lama

Duduk di depan komputer sepanjang hari? Jangan, ah! Bisa-bisa Anda menjadi 'sasaran' empuk sejumlah kelainan metabolik, seperti obesitas dan penyakit jantung – begitu menurut para periset di University of Missouri-Columbia.

Kok bisa? Saat Anda duduk lama, enzim pembakar lemak pada otot-otot berhenti bekerja. Ini menyebabkan kadar kolesterol melonjak – begitu pula risiko terkena penyakit jantung. Berikut sejumlah cara mudah untuk menggerakkan tubuh di siang hari, dari pakar kebugaran Parenting Mom Squad, Sharon Monplaisir:

- Berdirilah saat menelepon. Jika mungkin gunakan headset, sehingga Anda bebas menggerakkan tangan. Anggaplah panggilan telepon sebagai kesempatan baik untuk bangkit dari kursi, melakukan stretching atau peregangan, serta berjalan-jalan.

- Di kantor, jangan hanya berkomunikasi dengan e-mail. Sesekali, hampiri rekan kerja Anda, dan tanggapi pertanyaannya secara langsung. Menyelingi waktu bekerja dengan obrolan ringan atau guyon bersama kolega juga baik untuk mood Anda!

- Saat mengemil, berdirilah. Bonus: Anda mungkin akan makan lebih sedikit dibandingkan saat duduk, karena Anda cenderung lebih menyadari banyaknya makanan yang sudah dikonsumsi.

- Sempatkan untuk bermain seru bersama anak. Bermain petak umpet atau kejar-kejaran bisa menjadi cara yang paling asyik untuk membakar kalori!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia