Bakar Kalori dengan Dumbel

Mama bisa bakar kalori tubuh di rumah dengan praktikkan gerakan-gerakan berikut ini. Untuk latihan ini, Anda membutuhkan beban/dumbel seberat 1.5 sampai 3.5 kg. 

Bicep curls

Berdirilah dengan kaki dibuka selebar pinggul. Genggam dumbel dengan posisi siku dekat dengan tubuh. Hadapkan telapak tangan ke atas, lalu tekuk siku untuk mengangkat dumbel mendekati bahu. Turunkan kembali. Lakukan 12-15 repetisi.


Sumo squats

Sambil memegang beban, berdirilah dengan kaki terbuka sedikit lebih lebar dari bahu, ujung kaki menghadap ke luar. (Jika tak ada kettlebell seperti gambar di atas, beban bisa diganti dengan dumbel pada setiap tangan). Tegakkan tubuh, lalu tekuk lutut hingga posisi 90 derajat sambil mendorong bokong ke belakang (seolah-olah Anda hendak duduk di kursi). Kembali ke posisi awal. Lakukan 12 - 15 repetisi.


One arm rows

Sambil memegang dumbel di tangan kiri, letakkan kaki kanan di atas anak tangga atau stepdeck. Bungkukkan tubuh dari pinggang, letakkan tangan kanan di atas lutut kanan. Luruskan lengan kiri ke bawah, lalu tarik siku ke arah atas. Selama melakukan gerakan, punggung harus tetap lurus dan siku tetap rapat dengan tubuh. Lakukan 10 - 12 repetisi dan ulangi untuk sisi yang lain.


Intermediate crunches

Telentanglah di atas matras, dengan lutut ditekuk ke arah dada.  Tautkan dua tangan di belakang kepala, siku ke arah luar. Angkat dagu dan dada ke atas sambil mengencangkan perut. Kembali ke posisi awal. Lakukan 10 - 12 repetisi.


Side lateral raises

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul sambil memegang dumbel di kedua tangan. Hadapkan telapak tangan ke depan, lalu angkat dumbel ke samping setinggi bahu, siku dalam posisi sedikit ditekuk. Turunkan ke posisi awal. Lakukan sebanyak 10 - 12 repetisi.


Lunges

Sambil memegang dumbel di kedua tangan dan badan tegak, langkahkan kaki kanan ke depan sampai kaki kiri dalam posisi memanjang ke belakang dengan tumit terangkat. Pindahkan berat badan ke kaki kanan, lalu perlahan tekuk lutut kanan 90 derajat hingga lutut kiri hampir menyentuh lantai. Kembali ke posisi awal. Lakukan 10 - 12 repetisi dan ulangi untuk sisi satunya.


Standing abduction

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul. Pindahkan berat badan ke sisi kanan tubuh, tekuk sedikit lutut kanan dan angkat kaki kiri lurus ke samping, lalu turunkan kembali. Ujung telapak kaki tetap menghadap ke depan. Boleh berpegangan pada kursi untuk menjaga keseimbangan. Lakukan 12 - 15 repetisi dan ulangi untuk sisi sebaliknya.



Baca juga: Curi Waktu Berolahraga


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia