Bebas Nyeri Saat Menyusui

Menyusu ASI adalah proses penting bagi pertumbuhan bayi. Selain penting untuk memberikan nutrisi dan pembentukan imun pada bayi, kegiatan menyusui adalah momen berharga untuk meningkatkan bonding Mama dan bayi.

Masalahnya, terkadang terjadi kendala dalam kegiatan menyusui.  Sekitar 95% ibu menyusui dan 95% wanita hamil trimester akhir akan mengalami luka lecet pada puting payudara.

Pada ibu menyusui, keluhan ini sering disebabkan posisi menyusui atau cara mengisap yang kurang tepat sehingga membuat perlekatan antara mulut bayi dengan puting kurang sempurna. Akibatnya, puting terluka dan lecet. Tentu, rasa sakit dan nyeri ini akan sangat mengganggu proses menyusui.

Nah, agar nyaman menyusui ASI bayi, pastikan lakukan dengan posisi yang benar. Mama dapat memilih posisi menyusui sambil duduk atau berbaring, manapun yang nyaman bagi Anda dan memudahkan bayi mencapai payudara.

Posisi benar menyusui didapat dengan cara:
- Bayi digendong diletakkan berhadapan, perut ibu menempel dengan perut bayi
- Pastikan kepala, lengan, dan bayi berada pada 1 garis lurus
- Lingkarkan kaki merapat ke badan ibu untuk mencegah hidung tertutup oleh payudara
- Dukung bayi, terutama badan dan bokong

Bila tetap merasa nyeri atau lecet saat menyusui, Mama bisa  mengoleskan salep untuk meredakan nyeri tersebut. Kamillosan* adalah salep khusus untuk perawatan puting luka dan radang pada puting payudara. Salep ini mengandung bahan alami ekstrak bunga Chamomile yang mengandung zat aktif chamazulen yang berguna untuk menutup luka dan alpha-bisabolol yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi atau anti-radang.

*Baca aturan pakai. Jika sakit berlanjut hubungi dokter.

WEBTORIAL

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia