Cara Hemat Biaya Kendaraan Pribadi

Memiliki kendaraan pribadi memang asyik. Selain tidak perlu berdesak-desakan di angkutan umum, Anda dapat berkendara lebih leluasa. Namun biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli bahan bakar dan perawatan juga tidak sedikit. Maklum, mobil Anda terdiri dari ribuan komponen yang bekerja keras mengawal mobilitas Anda sehari-hari.

Nah, agar pos pengeluaran Anda tidak kebobolan, Anda perlu melakukan strategi hemat terkait hal ini. Soal mobil urusan suami? Wah, Anda beruntung! Tapi dengan membaca artikel yang satu ini Anda dapat menambah wawasan dan ikut mengingatkan pasangan untuk berhemat lho, Ma!

1. JANGAN MALAS SERVICE
Meskipun mobil Anda kelihatan baik-baik saja, memenuhi jadwal service rutin dapat sangat menguntungkan. Mobil akan selalu dalam kondisi prima sehingga jauh dari masalah. Bila ada yang tidak beres pun, kita dapat mengetahuinya segera sebelum permasalah tersebut menjadi lebih besar - yang artinya membutuhkan biaya perbaikan lebih besar juga.   

Saat service rutin ini, biasanya berbagai hal penting terkait kondisi komponen dan ketersediaan cairan yang dibutuhkan mobil juga akan diperiksa. Misalnya emisi gas buang, kondisi busi,  power steering, engine coolant hingga kondisi rem yang tentu membuat mobil lebih nyaman dan aman digunakan!

2. RUTIN MENGGANTI OLI
Bila Anda bertanya, sepenting apa sih, peranan pelumas alias oli bagi mobil saya? Jawabannya, sangat penting, Ma! Biasanya kita mengira fungsi fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin. Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain, sebagai pendingin, pelindung dari karat, pembersih dan penutup celah pada dinding mesin.

Kalau mau penjelasan yang lebih mudah, oli lah yang merawat mesin dan peralatan kendaraan agar tidak cepat rusak. Kerusakan di sini bisa sampai mengakibatkan mobil harus turun mesin, lho! Terbayang kan mahalnya? Karena itu, ganti oli secara rutin tiap 5000 km (mineral oil) atau 10.000 (synthetic oil).

3. CEK ANGIN
Ban kempes sedikit atau tidak sama 'gemuk'-nya? Jangan anggap sepele!  Kurang  angin membuat mesin membakar lebih banyak bensin karena perlu bekerja ekstra. Tidak hanya boros, kondisi angin dalam ban yang tidak sama tekanannya juga sangat berbahaya lho, Ma!  Malas berhenti di tukang angin pinggir jalan? Tenang, sekarang banyak layanan cek dan isi angin gratis di SPBU.

4. JANGAN PAKAI SUKU CADANG PALSU
Niatnya mau berhemat, tapi bisa-bisa Anda malah menambah masalah baru apabila spareparts palsu tersebut menimbulkan kerusakan pada kendaraan Anda. Mau untung jadi buntung, namanya!

5. MATIKAN AC
Bila memungkinkan, coba deh sekali-sekali matikan AC dan buka jendela mobil Anda. Berjalan-jalan di akhir pekan saat hari gerimis dengan jendela mobil terbuka sedikit bisa asyik sekali kan? Tanpa terasa, Anda pun telah berhemat bensin dan bersikap 'manis' pada lingkungan!

6. CUCI & GOSOK
Ini juga penting! Bukan hanya agar mobil Anda kelihatan mulus dan kinclong saja Ma, tapi mobil yang selalu bersih artinya jauh dari korosi! Sekali lagi Anda hemat biaya perawatan dan nilai jual mobil Anda pun ikut terjaga. (Prameshwari Sugiri/Foto:dok.Feminagroup)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia