Cara Mudah Menata Rambut Anak

Ingin anak tetap terlihat cantik dan ganteng, berikut kiat mudah menata rambut anak, tanpa air mata (baik air mata Anda maupun dia). Keramas, misalnya, cukup lakukan tiga kali seminggu.

Usapan sampo
Bayi: Keramas sekali atau 2 kali seminggu biasanya sudah cukup. Jika bayi Anda punya kerak kepala (cradle cap), bersihkan dengan pijatan ringan di kulit kepalanya dengan sedikit minyak zaitun atau baby oil agar serpihannya mudah lepas. Begitu saran Ari Brown, M.D., dokter anak dan salah satu pengarang Baby 411.
Batita: Tiga kali seminggu sudah cukup (atau lebih sering jika ia hobi ‘mengguyur’ kepalanya dengan jus nanas).
Prasekolah ke atas: Seiring memanjangnya rambut anak, cuci tiap 2 hari sekali. Kurangi frekuensinya jika rambutnya sangat keriting, kering, atau jenis rambut seperti orang Afro-Amerika. Untuk kasus ini, Anda juga dapat memakai conditioner seminggu sekali.
Segala usia: Selalu keramaslah di akhir acara mandi, agar anak Anda tidak berendam di air busa sampo. Kalau kulitnya sensitif, dia bisa mengalami iritasi, lho.

Apa beda sampo bayi dengan sampo biasa?
Sampo orang dewasa mengandung zat kimia anionik (yang paling lazim: ammonium laurel sulfat) yang menghasilkan busa sabun berlimpah seperti yang diharapkan, agar sampo terasa membersihkan lebih baik. Bahan-bahan ini bisa membuat kulit atau rambut menjadi sangat kering. Tetapi, karena orang dewasa memakai conditioner dan produk-produk penata rambut lain, serta kulitnya memang lebih berminyak daripada kulit kepala anak-anak, hal itu tak jadi masalah. Dan meski sampo bayi sering diklaim tidak pedih di mata, tetap hindarkan sampo itu masuk ke mata anak, karena masih bisa menyebabkan mata pedih.

Gerak lembut
Bagaimana menyisir rambut agar tak terasa menyakitkan? Inilah kiat dari Anita Bianche, direktur pelatihan untuk salon-salon Cool Cuts 4 Kids:
PAKAI sisir yang jarak antar giginya lebar atau sisir sikat untuk rambut kering. Hindari menggunakan sikat rambut yang giginya kecil-kecil karena bisa nyangkut di rambut.
JANGAN mulai dari atas karena rambut kusutnya bisa makin parah. Sebaliknya, mulailah sedikit-sedikit dari bawah, dan pelan-pelan ke atas sampai ke akar rambut. Hati-hati saat menguraikan bagian yang kusut dengan jari-jari Anda.
ATUR rambut pada bagian tengkuk terlebih dulu, karena bagian ini cenderung paling kusut.
JANGAN membasahi rambut yang kusutnya parah, karena akan semakin parah. Pakai conditioner biasa atau detangler semprot, dan pegang rambut di dekat kulit kepala ketika Anda menyisir rambutnya perlahan.

Trik agar si kecil anteng
Ini kiat untuk menenangkan anak yang tidak bisa diam atau tidak senang ketika pertama kali (atau kesekian kali) potong rambut, dari Joanne Dupont, direktur pelatihan di salon anak Snip-its:

  • Siap-siap... bawa si kecil saat Anda potong rambut lagi agar dia bisa melihat potong rambut tidaklah menakutkan. Mintalah kapster yang sabar menghadapi anak-anak. Jadwalkan pada jam-jam setelah tidur siang, atau pada jam-jam ketika ia bangun dan mood-nya sedang bagus.
  • Bawa serta... mainan, buku, atau boneka favoritnya. Jangan memperi-ngatkan kapster tentang ketakutan atau kegelisahan dan tidak bisa diamnya di depan si kecil.
  • Yak! Minta sang kapster memulai dari bagian pinggir (poni, rambut di atas telinga, di belakang leher), jaga-jaga jika ia tidak bisa menyelesaikan potong rambutnya dengan sempurna.
Mengatasi kerusakan
Anak Anda sempat menggunting sebagian rambut sebelum ketahuan. Waduh, apa yang harus dilakukan? Jika itu…
Di bagian depan: Coba sisir lebih banyak rambut ke bagian depan, dan potong poni untuk meratakannya. Bando atau jepit rambut yang manis juga bisa dipakai untuk menekan dan menyembunyikan bagian yang pendek.
Sebagian rambut terpotong: Minta kapster membuat potongan bertingkat yang manis untuk menghaluskan ketidakrataan.
Membabat rambut sesuka hati: Jangan perbaiki sendiri di rumah. Minta kapster mempertimbangkan potongan yang bisa 'menyelamatkan'. Jika semua usaha gagal, cobalah pakai topi yang lucu saja.

Mari merapikan
Mulailah dengan rambut yang lembap, kata Jennifer Bilek, stylist dari New York yang memiliki spesialisasi menata rambut anak-anak. Berikut kiat-kiat darinya:
Poni: Sisir rambut lurus ke belakang; rambut akan jatuh dengan alami. Sisir rambut ke samping-sampingnya. Di dekat kening, tarik sedikit berkas segitiga kecil rambut. Dengan bagian tengah rambut terjepit antara jari tengah dan telunjuk, geser jari turun sampai ke alis, lalu potong lurus.
Sekitar telinga dan leher: Sisir rambut ke arah telinga. Lipat telinga ke bawah; potong rambut di atas telinga dengan hati-hati mengikuti bentuk telinga dan kontur leher.
PAR 0308

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia