Cara Sehat Makan Gorengan



Rasa gurih dan enak dari makanan yang digoreng memang sering membuat kita ketagihan. Itu karena makanan mendapat tambahan lemak dari minyak goreng. Untuk mendapatkan makanan gorengan yang masih menyehatkan, Mama bisa mengikuti prinsip berikut ini:

• Gunakan minyak yang benar-benar panas (panasnya sudah mencapai 180 derajat celcius) agar makanan tidak terlalu banyak menyerap minyak dan menjadi terlalu berlemak.

Namun jaga juga agar panas minyak tidak terlalu tinggi (minyak sudah berasap) supaya komponen lemak dalam minyak tidak teroksidasi menjadi radikal bebas dan mencegah bahan makanan yang digoreng mengalami kerusakan protein.

• Usahakan untuk selalu menggunakan miyak baru tiap kali menggoreng. Minyak yang dipakai berulang kali (minyak jelantah) akan diserap secara berlebihan oleh makanan, bahkan minyak goring yang terserap itu bisa mencapai 50% dari berat makanan.

Kalau Anda hendak menggunakan kembali minyak goreng sama, lakukan penggunaan kembali sekali saja dan saring dahulu minyak yang hendak dipakai kembali tersebut dengan kain sangat tipis.

• Gunakan api sedang, agar makanan yang digoreng tidak hangus di bagian luar namun masih belum matang di bagian dalam. (Armita Rahardini/Foto:dok.Feminagroup)

Baca juga: Anak Kecanduan Junkfood? Ini Solusinya!


   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.