Cara Sehat Makan Mi

Selain lezat, mi cepat dan gampang diolah. Nggak heran kalau mi termasuk makanan favorit keluarga. Mi terbagi menjadi 2, yakni:

- Mi kuning. Terbuat dari tepung terigu dan air. Berdasarkan bentuknya, dibedakan menjadi mi basah (mentah dan matang) dan mi kering. Jenis lain adalah mi telur (adonan mi ditambah telur).

- Mi putih. Terbuat dari tepung beras dan air. Dari bentuknya, terbagi menjadi kwetiau (pipih dan lebar) dan bihun (bulat kecil). Jenis lain adalah suun (terbuat dari pati kacang hijau dan berwarna bening).

Untuk mengolah atau menyimpan beberapa jenis mi, ada trik khususnya, seperti:
- Mi telur segar bisa disimpan dalam kulkas selama 1 minggu, lalu dicelupkan dalam air mendidih selama 1 menit. Mi telur kering perlu dimasak selama 3-4 menit.

- 'Rendam' dulu bihun dalam air mendidih selama 6-7 menit, lalu digoreng atau dimasak dengan kuah. Ketika digoreng dalam minyak yang banyak, bihun bisa mekar sampai 4 kali lipat.

- Soba (mi dari Jepang) terbuat dari buckwheat atau tepung gandum, bahkan kadangkala diberi perasa berupa bubuk teh hijau. Dimakan dengan kuah atau disajikan dingin dengan celupan saus. Sebelumnya, dimasak dalam air mendidih selama 5 menit.

- Mi gandum perlu dimasak selama 2-4 menit, lalu disiram dengan air dingin. Mi yang segar bisa tahan dalam kulkas selama 1 minggu.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia