Cara Siapkan Dana Pensiun dari Sekarang

T: Sejak kapan seseorang sebaiknya mulai mempersiapkan dana pensiun. Pilih mana yang tepat?

J: Semua orang yang ingin pensiun dengan bahagia memerlukan dana pensiun. Pensiun bahagia yang dimaksud adalah pensiun mandiri saat tidak harus bergantung kepada anak dan cucu.

Bisa menikmati gaya hidup yang diinginkan tanpa mengkhawatirkan tentang sumber penghasilan. Program dana pensiun sudah banyak ditawarkan oleh beberapa bank atau perusahaan dana pensiun.

Bahkan beberapa perusahaan asuransi juga menyediakannya. Prosedurnya, setiap peserta dana pensiun menyetorkan sejumlah uang secara berkala yang kemudian dikelola perusahaan dana pensiun agar dapat memperoleh hasil sesuai program yang ditawarkan. Bagaimana supaya tidak salah pilih?

• Kenali profil perusahaan yang menawarkan program demi keamanan Anda sendiri. Karena umumnya dana pensiun dipersiapkan untuk jangka waktu yang lama, yaitu 20-30 tahun. Anda tidak ingin uang Anda jatuh ke pihak yang salah kan, Ma?

• Teliti dan tanyakan kemana dana yang Anda setor akan dialokasikan. Lebih baik pilih yang bersifat agresif seperti saham karena dapat bertahan jangka waktu lama sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

• Hitung jumlah dana pensiun yang ingin dicapai sehingga Anda dapat berapa nilai setoran berkala yang harus Anda sisihkan.

Plus minus dana pensiun
Plus: Anda tidak perlu repot mengalokasikan uang pribadi karena perusahaan pengelola dana pensiun yang akan mengalokasikannya ke beberapa instrument investasi (tabungan, deposito, obligasi, saham).

Minus: Terkadang hasil pengelolaan dana pensiun kurang maksimal dan diluar ekspetasi yang Anda harapkan. Return yang didapatkan ada kalanya lebih kecil karena perusahaan pengelola dana pensiun terlalu konservatif dan lebih banyak mengalokasikan ke simpanan bank & obligasi.

Lili Pratiwi, Financial Planner PT. Mitra Rencana Edukasi

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia