Cara Tepat Kukus Makanan

Anda pasti sudah tahu bahwa mengukus makanan adalah salah satu cara memasak sehat. 

Mengukus mengurangi kemungkinan penambahan lemak berlebih yang seringkali terjadi jika makanan digoreng. Mengukus juga membuat rasa asli makanan dikenali anak dan masakan terasa segar. Agar masakan kukus menjadi lebih maksimal, berikut tips yang dapat Mama coba : 

  1. Pilih Bahan Segar. Selalu gunakan sayur, buah maupun daging paling segar. Jika Mama mengenalkan makanan padat pertama kali pada bayi, berikan bahan makanan yang memiliki rasa manis alami seperti wortel ataupun kentang, serta hindari garam maupun bumbu di masa awal ini. 
  2. Potongan Tepat. Potonglah bahan makanan berukuran sedang sesuai usia anak. Kukus selama 5 – 10 menit. Jika makanan tersebut dapat ditusuk garpu, tandanya sudah siap untuk disajikan. 
  3. Buang Lemak. Misalnya pada kulit ayam. Sebelum dihidangkan, pastikan tidak ada lagi darah pada daging, terutama di dekat tulang.
  4. Gunakan Kaldu. Setelah anak mengenal rasa asli di awal, Mama bisa menvariasikan rasa dengan menggunakan air kaldu ayam atau kaldu sayuran sebagai pengganti air biasa. Mama juga bisa menambahkan potongan jeruk nipis, bawang putih, jahe, rempah ataupun minyak zaitun ke dalam air rebusan. 
  5. Letakkan kol atau wortel di bawah daging untuk menjaga keempukannya. 
  6. Perkuat rasa dengan cara mengukus daging, ikan ataupun ayam dengan bumbu atau sayuran beraroma. Seledri dan labu bisa menjadi pilihan.
  7. Kukus sayuran bersama kulit. Trik ini membuat sayur, seperti wortel, kentang, dll, lebih bercitarasa. Andapun lebih mudah mengupas kulitnya setelah sayuran itu matang. Tapi, jangan lupa cuci sayuran dengan bersih sebelum dimasak ya, Ma. (Penulis: Fina Khairaty/Foto: dok Feminagroup)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia