Cegah Anak Tertular 10 Penyakit dalam 5 Menit

Menjaga kesehatan anak bukan sekadar mengonsumsi makanan bernutrisi. Rajin mencuci tangan pakai sabun, ternyata dapat cegah si kecil terkena setidaknya 10 penyakit.

Menurut pakar kesehatan, dr. Ade Nirmala Chandra, MARS, kebiasaan yang hanya membutuhkan waktu lima menit ini bisa mengurangi risiko tertular sejumlah penyakit. Di antaranya diare, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), cacingan, iritasi kulit, disentri dan flu burung.

Sebagai anggota tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda di sekitar kita, tangan bisa menjadi perantara penularan berbagai penyakit.

"Meskipun tangan terlihat bersih, sebenarnya kuman dan bakteri sangat mungkin berada di tangan. Terutama di daerah lipatan jari tangan, punggung tangan, dan ujung jari merupakan bagian yang kerap luput untuk dibersihkan," ujar dr. Ade saat ditemui di talkshow jelang Hari Cuci Tangan Sedunia tiap 15 Oktober bertema 'Gerakan 21 Hari untuk Membentuk Kebiasaan Sehat'.

Agar anak juga bisa terhindar dari penularan 10 penyakit, ajari teknik mencuci tangan pakai sabun yang benar, Ma. Yuk, praktikkan langkah-langkahnya:

1. Hidupkan keran dan dan basahi tangan dengan air mengalir.

2. Gunakan sabun hingga keluar busa sambil mengusap-usap telapak tangan, punggung tangan, dan di antara jari-jari tangan, terutama di bawah kuku minimal 20 detik.

3.Bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan kain bersih atau kibas-kibaskan kedua tangan di udara.

4.Cara termudah untuk memperkirakan selang waktu 20 detik adalah menyanyikan lagu favorit anak yang dapat dinyanyikan dalam 20 detik, misalnya lagu “Happy Birthday” dinyanyikan dua kali.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia