Curi Waktu Tidur 30 Menit

Butuh alasan bagus untuk tidur siang sejenak di kantor? Ini dia salah satunya: Selain bermanfaat mengembalikan daya konsentrasi, tidur siang juga membantu mempertahankan daya imunitas tubuh. Para peneliti dari UniversitŽ Paris Descartes-Sorbonne Paris CitŽ menemukan bahwa orang yang malam sebelumnya kurang tidur, tingkat hormon yang berkaitan dengan imunitas tubuhnya akan mendapatkan manfaat baik setelah 30 menit tidur siang.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, ini mengukur tingkat Norepinephrine (hormon yang berperan dalam respons Ôlawan atau lariÕ dan bisa meningkatkan tekanan darah serta detak jantung) pada orang-orang yang tidur malam selama 8 jam dan hanya 2 jam. Hasilnya, level Norepinephrine orang yang kurang tidur 2,5 kali lebih tinggi. Namun, perbedaan level tersebut tidak terjadi saat orang-orang yang kurang tidur mendapat kesempatan tidur siang dan tidur sore selama 30 menit.

Menurut Philip Gehrman, PhD, CBSM, asisten profesor di Departemen Psikiatri University of Pennsylvania dan anggota dari Penn Sleep Center yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, tidur dan sistem imunitas tubuh memang tampaknya mempunyai relasi timbal balik. Ia mencontohkan kenapa orang cenderung mengantuk dan banyak tidur saat sedang sakit. Salah satu teorinya adalah ada suatu mekanisme tubuh kita yang membuat kita lebih banyak tidur saat sakit karena istirahat itu akan membantu imunitas tubuh melawan penyakit.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia