Di balik mitos kecantikan

RAMBUT
MITOS Rambut harus dicuci setiap hari.
FAKTA Jika dicuci setiap hari, terutama jika rambut Anda keriting, diwarnai,atau kasar; kekuatan dan kesehatan rambut akan berkurang. Rambut yangdicuci setiap hari jadi lebih rapuh dan kering. Bahkan, deterjen yangterkandung di dalam sampo akan merusak rambut. Mencuci rambut setiaphari juga akan membuat warna rambut jadi lebih mudah pudar.
    Sebaiknya, cucilah rambut dua atau tiga hari sekali sesuai kondisi.Pada hari di mana Anda tidak mencuci rambut, sisirlah rambut secaraseksama dengan menggunakan sisir sikat berkualitas untuk merangsangdistribusi minyak pada kulit kepala secara merata. Jika Andabenar-benar tidak bisa meninggalkan kebiasaan mencuci rambut setiaphari, cukup basahi rambut dengan air dingin, kemudian ulaskankondisioner dan bilas hingga bersih.

MITOS Masalah rambut bercabang dapat diatasi dengan produk penataan atau perawatan rambut.
FAKTA Satu-satunya cara mengatasi rambut bercabang (split ends) adalahmengguntingnya. Karena itu, gunting ujung-ujung rambut setiap delapanminggu sekali. Gunakan juga kondisioner rambut tanpa dibilas setiapkali menata atau mengeringkan rambut dengan hair dryer. Cara ini akanmelindungi rambut dengan emollients, sehingga rambut terasa lebihlembut dan mengilat alami.

MITOS Jika Anda mencabut sehelai uban, maka akan muncul dua helai uban di tempat yang sama.
FAKTA Setelah berusia di atas 30 tahun, dalam kondisi normal rambut rontok80-100 helai setiap hari, tapi proses pertumbuhannya lebih pelan. Jadi,jangan mencabut uban. Jika perlu, warnai rambut dengan pewarna alamiuntuk menyamarkan uban.

MITOS Ganti sampo dua minggu sekali, agar rambut tidak ‘imun’ pada formula dari sampo yang lama. 
FAKTA Jika kondisi rambut jadi lebih ‘jatuh’ dan tidak mengembang, itu bukansalah sampo. Bisa jadi itu karena tumpukan kotoran atau mineral dariproduk perawatan kulit serta air. Untuk mengatasinya, cucilah rambutsetiap satu atau dua minggu sekali dengan sampo berformuladeep-cleansing, dan/atau clarifying. 

KULIT WAJAH
MITOS Perasan lemon dapat memudarkan noda hitam pada kulit wajah.
FAKTA Jika noda hitam timbul pada wajah Anda, ‘salahkan’ kondisi ini padamasalah genetik, hormon estrogen, atau paparan sinar matahari yangterus menerus. Lupakan lemon. Atasi masalah ini dengan menggunakanproduk perawatan kulit yang mengandung 2% hydroquinone –yang akanmemblokir produksi melanin– setiap malam menjelang tidur. Lakukan jugaperawatan pengelupasan kulit (exfoliating) secara teratur.

MITOS Membasuh wajah dengan air dingin dapat memperkecil pori-pori kulit.
FAKTA  Hingga saat ini, tak ada produk perawatan yang dapat mengecilkan
pori-pori.Sel-sel kulit mati berukuran mikroskopik ‘berkumpul’ di dekat pori-poriyang terbuka, sehingga membuat pori-pori terlihat lebih besar. Lakukanperawatan exfoliating secara rutin untuk mengangkat sel-sel tersebut,sekaligus membantu menutup pori-pori yang terbuka dan melembutkankulit. Atau, gunakan pembersih wajah berbentuk tisu.
MITOS Lingkaran hitam seputar mata muncul akibat kurang tidur.
FAKTA Penyebabutama terjadinya lingkaran hitam di seputar mata adalah pembuluh darahyang terdapat pada bagian bawah kulit tipis yang terdapat di areatersebut. Atau, sebagai akibat dari pembuluh darah yang letih akibatkurang tidur malam. Penyebab lainnya, faktor usia. Atasi masalah inidengan menggunakan pelembap khusus kulit mata di daerah tersebut dan gunakan eye cream setiap menjelang tidur.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia