Empat 'Pencuri' Tidur

Anda sudah tahu bahwa minum kopi atau nonton acara kriminal di TV sebelum naik ranjang bisa mengacaukan tidur Anda. Namun, tahukah Anda kalau ada kebiasaan lain yang bisa membuat Anda melek sepanjang malam?

1. Nada-nada pengganggu. Musik bertempo cepat dan berenergi tinggi meningkatkan denyut jantung Anda, ujar James Maas Ph.D., penulis buku Power Sleep. Anda bisa tidur lebih baik dan lebih lama jika Anda mendengarkan musik lembut dan bertempo lambat sekitar satu jam sebelum tidur.

2. Menghadap jam. Angka-angka pada jam digital ternyata cukup terang dan bisa menembus kelopak mata Anda, ujar Maas. Ini berlaku juga pada  tampilan cahaya layar VCR dan DVD. Pindahkan barang tersebut (atau tutupi saja).

3. Mengoleskan krim atau lotion. Penelitian membuktikan, aroma melati, peppermint, atau jeruk memiliki efek menstimuli. Gunakan aroma tersebut untuk rutinitas pagi saja. Nah, malam hari adalah waktunya untuk aroma lavender, vanila, atau produk-produk tanpa aroma.

4. Berkelana di dunia maya. Seperti TV, tampilan layar komputer terdiri dari titik-titik yang mengeluarkan cahaya serta bisa merangsang otak Anda. Begitu pula sinar yang terang. Matikan komputer satu jam sebelum tidur.

Baca juga: Tidur Seranjang dengan Bayi, Amankah?

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia