Hari penuh cinta

Tentukan tema per minggu/bulan, misalnya hati, pink, sayang ataupun senyum. Kalau dia belum lancar bicara, Anda boleh kok berinisiatif, tapi jelaskan lagi kepadanya apa arti tema yang Anda pilih.

Buat bersama dekorasi rumah dengan tema yang ditentukan. Pasang dekorasi di beberapa pojok rumah. Tak jadi masalah jika hasil dekorasi buatannya berantakan. Ini kan latihan pertamanya. Lama-kelamaan ketrampilannya akan lebih sempurna.

Buat permainan kecil, misalnya tiap kali bertemu dengan anggota keluarga lain, akan saling mengatakan tema yang dipilih, misalnya, “Cinta!”. Yang duluan menyebutkan boleh mendapat ciuman.

Lakukan permainan. Potong-potong karton dengan berbagai bentuk: segitiga, lingkaran, segiempat, hati. Sebarkan ke beberapa penjuru rumah. Minta anak mencari semua potongan itu, lalu minta anak mengumpulkan sesuai bentuknya. Jangan lupa beri anak semangat ketika ‘berlomba’ mencari.

Biasakan saling memberi ciuman dan pelukan. Tentu saja ini boleh diteruskan kapanpun Anda inginkan.

Apakah ini semua ada gunanya? Tentu saja! Ini akan membuat Anda dan si kecil lebih dekat, sekaligus dasar dari membuat anak jadi percaya diri dan lebih mudah diatur. 
PAR 0208

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia