Hilangkan Rasa Bersalah

Masih merasa bersalah gara-gara berteriak pada anak minggu lalu? Setiap ibu kadangkala merasa bersalah, tapi ada alasan untuk mengurangi beban yang satu ini.


“Terobsesi dengan kesalahan masa lalu—atau khawatir kalau-kalau Anda akan membuat kesalahan—hanya akan membuat Anda merasa cemas, tegang, serta tidak bahagia,” kata Mark Leary, Ph.D., penulis The Curse of the Self (Oxford University Press). Untuk melepaskannya:


Lihat diri Anda melalui kacamata anak. Ia tak akan peduli apakah Anda membeli atau memanggang sendiri cupcake untuk pesta di kelas. Baginya, kehadiran Anda untuk dirinya jauh lebih berarti.


Hilangkan rasa bersalah. Apakah anak terjatuh dari ayunan di taman bermain ketika Anda sedang mengawasinya? Terus menerus menyiksa diri karena merasa bersalah tidak akan mengubah keadaan. Ia betul-betul butuh perhatian penuh Anda sekarang ini.


Jangan melihat (terlalu jauh) ke depan. Ya, anak Anda bisa saja homesick alias kangen rumah ketika menginap di rumah orang lain. Lalu? Jika memang ia begitu, cepat-cepat jemput deh! Tidak ada gunanya kurang tidur pada saat seperti ini. 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia